Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Selasa, 09 Januari 2018

Cara Limit Bandwidth Mikrotik Dengan Simple Queue di Mikrotik

Assalamualaikum Wr. Wb.

Postingan ini Ote buat sebagai pemenuhan Tugas Kuliah Pengantar Teknologi Informasi (G.231.17.0026),

Mohon Like dan Comment pada beberapa postingan kedepan ya. Thanks 

Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. (https://id.wikipedia.org/wiki/Lebar_pita). Kuota bandwidth dari ISP memiliki keterbatasan yang seharusnya terdapat pembatasan penggunaan oleh user masing - masing.

Dalam membatasi dan mengatur pemakaian bandwidth kali ini Ote menggunakan salah satu perangkat dari Mikrotik hAP lite. Pada Router ini sudah tersedia fitur yang membatasi limit yaitu Queue. Sebelum masuk ke konfigurasi dan langkah - langkah nya, akan sedikit Ote ulas Jenis Queue pada Mikrotik sebagai berikut:

Terdapat 2 macam Queue pada Mikrotik:
  1. Simple Queue ==> Cara termudah melakukan management bandwidth yang diterapkan pada jaringan skala kecil sampai menengah untuk mengatur pemakaian bandwidth upload dan download tiap user.
  2. Tree Queue ==> Melakukan pembatasan berdasarkan group bahkan secara hierarki. Dengan mengaktifkan fitur Mangle pada Firewall.
Langkah - langkah implementasi di Mikrotik sebagai berikut :
1. Buka Winbox anda, setelah itu pastikan jumlah alokasi bandwidth yang diberikan oleh ISP, agar dalam pembatasan tidak melebihi yang disediakan oleh ISP, sebagai contoh yang diberikan 20 Mbps maka yang harus dilimit di bawah dari 20 Mbps.

2. Pilih menu Queues seperti gambar di bawah ini,


 3. Klik Tombol + untuk menambahkan simple Queue 

Penjelasan Istilah 
Target Address ==> Di sini diisikan IP address tertentu yang dibatasi bandwidthnya, atau apabila ingin membatasi semuanya maka dikosongi saja.
Max Limit         ==> Alokasi bandwidth maksimal yang didapatkan oleh user, dan juga apabila ada alokasi bandwidth yang sudah tidak digunakan lagi oleh user lain. Syarat mengaktifkan centang pada Target Upload dan Target Download. Untuk modifikasi pengaturan lainnya seperti pemberlakuan pada jam tertentu silahkan kembangkan sendiri ya.

4. Selanjutnya Setting pada tab Advanced seperti gambar berikut:

  • Interface ==> Interface yang diberikan settingan limit tadi sebagai contoh Lan2,namun apabila ingin membatasi koneksi ke semua interface pilih all.
  • Limit At ==> Batas minimal bandwidth yang didapatkan oleh user saat kondisi jaringan sedang sibuk, untuk nilainya terserah anda. 
5. Klik OK untuk menambahkan settingan simple queue tersebut, silahkan perhatikan di queue list.

Silahkan mencoba!!!
Silahkan dicoba semoga sukses, dan apabila mengalami kesulitan silahkan tinggalkan komentar di bawah postingan ini.

Add My Facebook, Follow Twitter atau Add Google+ oteoxcel  untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru.


Semoga sukses kalau gagal terus coba dan coba karena kegagalan adalah musuh kita bray :) :) Jangan Lupa memberikan komentar ya

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

                                                                 Powered by Oktri Ahmad

Socializer Widget By Oktri_Ahmad
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

1 komentar: